Menjadi Guru Yang Efektif Dalam Proses Pembelajaran

Suatu usaha mengarahkan siswa ke dalam proses belajar adalah dasar dari pembelajaran, sehingga tercapai tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Menjadi guru yang efektif dalam proses pembelajaran adalah sebuah keharusan untuk mencapai tujuan secara maksimal.

Lalu apa yang harus kita perhatikan agara menjadi guru yang efektif dalam mengajar ?

Semua individu dilahirkan dengan karakteristik berbeda, demikian juga kemampuan siswa dalam menangkap pelajaran yang disampaikan, hal inilah yang harus diperhatikan oleh setiap guru. Jika siswa dianggap memiliki kemampuan yang sama hingga pada akhirnya mereka tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya atau kelebihan yang dimilikinya.

Pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan-perbedaan yang ada pada diri siswa, sehingga pembelajaran itu benar-benar mampu merubah kondisi siswa, yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham, dan dari yang bersikap tidak baik menjadi lebih baik.

Selanjutnya yang harus diperbaiki oleh guru dari proses pembelajaran yang dilakukannya agar kegiatan yang dilakukan lebih efektif adalah :

  1. Seorang guru mesti mampu menciptkan model pembelajaran yang bervariasi dan lebih efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  2. Penguasaan materi diperlukan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, seorang guru tidak hanya sebatas memahami kapan materi harus selesai, tapi paham apa tujuan dari materi yang disampaikan.
  3. Hasil dari pembelajaran dapat berhasil jika guru memiliki kemampuan menciptakan situasi belajar mengajar yang memiliki interaksi guru siswa yang menarik,menyenangkan dan mampu menumbuhkan minat belajar siswa yang tinggi, berupa rasa ingin tahu dan keaktifan dalam kegiatan belajar.

Sehubungan hal di atas guru mesti menentukan metode mengajar yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran dalam setiap proses yang dilakukan.

Hal yang harus dihindari adalah proses pembelajaran tidak menggugah siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas, mereka tidak terdorong untuk melakukan aktivitas yang memberikan pengalaman yang dibutuhkan untuk pembangunan konsep.

Dalam proses pembelajaran di kelas guru juga memperhatikan agar keadaan yang menunjukkan sejauh mana hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses belajar mengajar . Beberapa indikator bahwa proses mengajar guru telah efektif adalah :

  • Ketuntasan belajar yang dilihat dari hasil belajar, yaitu siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah.
  • Aktivitas belajar peserta didik , yaitu proses komunikasi dalam lingkungan kelas,baik proses akibat dari hasil interaksi siswa dan guru atau siswa dengan temannya, sikap, tingkah laku dan ketrampilan yang dapat dilihat melalui perhatian siswa,kesungguhan siswa,kedisiplinan siswa, ketrampilan dalam bertanya dan menjawab .
  • Kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran adalah factor yang mempengaruhi  hasil pelaksanaan dari pembelajaran yang diterapkannya,sebab mereka adalah pengajar di dalam kelas.

Keefektifan program pembelajaran tidak hanya dilihat dari prestasi belajar saja, melainkan dari segi proses dan sarana penunjang, yaitu :

  • Aspek hasil berupa tinjauan terhadap hasil belajar peserta didik setelah mengikuti program pembelajaran yang mencakup kemampuan kognitif,efektif dan psikomotorik.
  • Aspek proses berupa pengamatan terhadap ketrampilan siswa,motivasi,respon,kerjasama,partisipasi ssiwa,penggunaan media, dan tekhnik pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam menemukan kesulitan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
  • Aspek sarana penunjang terdiri dari tinjauan-tinjauan terhadap fasilitas fisik dan bahan serta sumber yang diperlukan siswa dalam proses belajar, seperti ruang elas,laboratorium,media belajar dan buku.

Itulah hal penting yang harus diperhatikan oleh guru agar kegiatan belajar mengajar di sekolahnya lebih efektif dalam mencapai tujuan dari kegiatannya.

Baca juga : Cara Efektif Mendidik Anak Di Era Digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar