Pola Belajar Siswa Menentukan Hasil Pembelajaran Di Sekolah

Pola belajar merupakan salah satu faktor kunci yang sangat mempengaruhi kinerja dan hasil belajar siswa. Dalam dunia pendidikan, diketahui bahwa siswa memiliki pola belajar yang berbeda-beda.

Apa yang digunakan untuk menilai indikator pola pembelajaran?

Ada 4 hal dapat kita jadikan instrument penilaian apakah siswa menerapkan pola pembelajaran, yaitu :

  • Persiapan pembelajaran

Persiapan pembelajaran berarti siswa sudah mengetahui apa yang akan dipelajari, materi yang disiapkan guru, dan alat yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran tersebut, artinya harus menjadi Pada dasarnya, kesiapan belajar terdiri dari beberapa penilaian, termasuk kesiapan mental dan kesiapan peralatan.

  •  Pelajaran Berkelanjutan

Bagaimana siswa berpartisipasi dalam pelajaran merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Siswa harus mampu menguasai materi yang disajikan. Ketika guru memberikan pekerjaan rumah, siswa harus mengerjakan sebanyak mungkin. Setiap siswa memiliki caranya masing-masing dalam mengikuti suatu pelajaran, baik itu belajar sebelum proses pembelajaran dimulai atau mencatat topik-topik yang dapat membantu proses belajar siswa.

Kemampuan seorang siswa untuk memahami suatu pelajaran dengan benar sangat bergantung pada bagaimana siswa tersebut melakukan pelajaran tersebut. Belajar adalah proses upaya yang dilakukan seseorang untuk mencapai perubahan perilaku baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalaman dan lingkungan interaktif mereka sendiri.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mencapai perubahan holistik dan bahwa orang tidak dapat saling mengalahkan untuk mencapai perubahan holistik.dapat diartikan sebagai kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan belajar adalah perilaku belajar seseorang yang tertanam dalam jangka waktu yang relatif lama dan dengan demikian mencirikan kegiatan belajar yang dilakukannya.

  • Perencanaan dan pencatatan

Perencanaan dan pencatatan juga merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan pola belajar siswa. Setiap siswa memiliki pola sendiri-sendiri untuk memahami pembelajaran. Deskriptor yang digunakan untuk menentukan indikator ini meliputi pencatatan RPP, penyusunan RPP, disiplin dalam melaksanakan RPP, metode mencatat, dan membaca kembali materi yang dipelajari. Perencanaan dan pencatatan adalah beberapa keterampilan yang membantu siswa belajar. Mencatat adalah aspek terpenting dari proses pembelajaran. dari seorang guru sekolah.

  • Penyelesaian Tugas

Tugas adalah pekerjaan yang harus diselesaikan. Pemberian tugas sebagai metode atau bentuk pengajaran adalah tugas yang diberikan oleh seorang guru kepada seorang siswa untuk mencapai tujuan instruksional tertentu. Dengan memberikan tugas-tugas tersebut, siswa belajar untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Siswa diharapkan mencapai hasil ketika melakukan kegiatan pembelajaran. Empat poin penting di atas dapat digunakan  guru sebagai indicator untuk menekankan siswanya agar membuat pola belajar ataupun kerangka model kegiatan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas belajarnya.

Baca juga : Metode Pembelajaran Kreatif untuk Siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar