Belajar adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh keterampilan dan kompetensi pengetahuan yang diperlukan. Belajar juga dapat dipandang sebagai proses elaborasi yang dilakukan oleh individu dalam mencari makna. Proses pembelajaran pada hakikatnya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi profesional.
Kegiatan belajar yang dilakukan dengan bermain, adakalanya sebagai seorang anak kegiatan belajar mereka dapat lebih baik. Metode belajar dengan bermain adalah aktivitas yang serius tetapi mengasyikkan. Berbagai kegiatan diwujudkan dengan kegiatan yang menyenangkan. Bermain adalah kegiatan yang dipilih anak-anak untuk bersenang-senang, bukan untuk hadiah atau pujian. Melalui bermain dan berbagai permainan yang menyenangkan, siswa dapat mencapai potensi fisik dan mental, intelektual dan spiritual secara utuh dalam pembelajaran.
Belajar dengan menyenangkan dapat diartikan sebagai pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa melalui berbagai metode yang diterapkan sehingga tidak terjadi kebosanan pada saat pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran yang menyenangkan adalah proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang nyaman dan berkesan.
Lingkungan belajar yang menyenangkan dan berkesan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif guna mencapai tujuan belajarnya secara optimal, konsep belajar dan bermain dalam pembelajaran dipandang sebagai sesuatu yang wajar proses yang mengarah pada perubahan pengetahuan, perilaku, dan perilaku seseorang
Kegiatan yang dilaksanakan anak dalam bentuk belajar selalu berwujud bermain,hal ini disebabkan karena bermain memang merupakan jiwa anak itu sendiri. Bermain adalah salah satu sarana pengenalan hal baru yang dapat memberi anak kesempatan untuk bereksplorasi, menemukan,mengekspresikan perasaan,berkreasi,dan belajar secara menyenangkan.
Bermain merupakan sesuatu yang berpengaruh dalam latihan untuk pertumbuhan seorang anak. Bermain dikatakan medium karena anak mencobakannya dan tidak hanya di dalam fantasinya, tetapi nyata aktivitas yang dilakukan anak Belajar bagi anak yang dilaksanakan dengan cara bermain memberikan kesempatan kepada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, menemukan sendiri,bereksplorasi,mempraktekkan,dan mendapatkan bermacam-macam konsep serta pengertian yang tidak terhitung banyaknya,karena kegiatan belajar dan bermain yang dilaksanakan sangat menyenangkan mereka.
Pembelajaran menyenangkan adalah suatu pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan bagi anak dan membuatnya terkesan dalam aktivitas belajar, hal ini akan menarik minat peserta didik untuk belajar secara aktif di kelasnya , sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai oleh guru. Disamping itu,pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menjadi hadiah,reward bagi peserta didik yang pada gilirannya akan mendorong motivasinya semakin aktif dan berprestasi pada kegiatan belajar berikutnya
Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru antara lain:
- Menyapa siswa dengan ramah dan bersemangat.
Melakukan hal pertama yang mengesankan siswa adalah penting, karena akan mempengaruhi proses selanjutnya. Kegiatan belajar yang menarik, dan memikat, maka proses pembelajaran akan lebih hidup dan membuat anak senang . Untuk itu guru mulailah kegiatan pembelajaran dengan memberikan sapaan hangat kepada peserta didik.
- Ciptakan suasana santai .
Ciptakan suasana santai dengan menciptakan lingkungan yang nyaman. Sesuaikan posisi duduk secara teratur sesuai dengan preferensi siswa untuk menciptakan lingkungan pengajaran di mana siswa tidak takut melakukan kesalahan.
- Memberi Motivasi saat kegiatan belajar di kelas
Motivasi merupakan konsep penting dalam banyak teori belajar. Motivasi ini sejalan dengan dorongan, perhatian, ketakutan dan umpan balik/penguatan. Individu memiliki keinginan untuk belajar sekaligus belajar langsung dari dirinya sendiri. Respon positif ini menjadi faktor pendorong yang tumbuh dalam dirinya sehingga merasa terpanggil untuk mengikuti proses pembelajaran dengan penuh perhatian dan semangat.
Guru dapat menggunakan metode “bermain dan belajar menyenangkan” saat mengajar di kelas sebagai landasan pertama untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang siswa. Anak mewujudkan prinsip kesenangan dan belajar sampai potensinya berkembang secara optimal, bebas dari paksaan dan kontrol dari pendidik di sekitarnya, mampu mengekspresikan diri dalam segala aktivitas.
Pentingnya Olahraga Di Sekolah Dan Di Rumah Bagi Tumbuh Kembang Anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar